Senin, 29 Agustus 2011

NUPTK Web Browser.

Bagi para guru / pendidik maupun tenaga kependidikan, tentunya tidak asing lagi dengan istilah NUPTK. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) adalah nomor induk bagi seorang pendidik atau tenaga kependidikan. Pada bulan april 2011 kemarin, diknas dan kemenag melakukan update database NUPTK, setiap guru dan karyawan sekolah yang belum memiliki NUPTK diharuskan mengajukan pendaftaran NUPTK. Untuk mengetahui apakah pengajuannya diterima atau tidak tentunya kita hanya bisa melihatnya melalui internet, karena database NUPTK dapat diakses secara online, sehingga banyak dari teman-teman guru yang meminta bantuan saya untuk mengecekkan pengajuan mereka. Awalnya saya selalu masuk ke website resmi NUPTK.info untuk mengecek data, sampai pada suatu saat saya diberi tahu seorang teman, bahwa untuk melihat NUPTK tidak perlu lagi mengunjungi websitenya, melainkan sudah dibuatkan program pencarian NUPTK yang disebut “NUPTK Web Browser”. Disini saya akan sharing sedikit pengalaman menggunakan NUPTK Web Browser.
Bila anda belum memilikinya silahkan download programnya disini

Pertama, jalankan programnya “nuptkwebbrowser161.exe” dan komputer harus online ya….

Kedua, silahkan masukkan “Kata Kunci Pencarian”, (bila kita belum mengetahui NUPTK kita, silahkan pilih menu pencarian dibawah ini;
1. Sekolah/Madrasah
2. Pilih Propinsi
3. Pilih Kabupaten
4. Pilih Kecamatan
Lalu klik “cari” dan hasilnya seperti ini




Ketiga, silahkan pilih Tingkat Sekolah semisal SMP, maka data sekolah SMP se Kecamatan akan ditampilkan




Keempat, kita pilih nama sekolahan kita, lalu klik “Daftar PTK” dibawah table, maka data guru dan pegawai akan ditampilkan bersamaan dengan NUPTK nya.


Selamat menggunakan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar